Oleh :lillO.,A.md.,ST.,MT.,(IAI)
Perusahaan Daerah Air
Minum merupakan Badan Usaha Milik Daerah yang bertugas untuk memberikan
layanan penyediaan air bersih. PDAM Kota Malang. PDAM Kota malang
beralamat di Jl. Terusan Danau Sentani No. 100 Malang. Anda dapat mengunjungi website PDAM Kota Malang disini: http://www.pdamkotamalang.com/. Adapun cara untuk mengajukan pemasangan jaringan PDAM Kota Malang dan Kabupaten Malang akan kami jelaskan sebagai berikut:
Dalam rangka memberikan
layanan penyediaan air bersih, PDAM Kota Malang memberikan layanan
pasang baru jaringan PDAM untuk wilayah Kota Malang dan sekitarnya
(termasuk Kabupaten Malang pada wilayah tertentu) Saat ini PDAM Kota
Malang memberikan program subsidi untuk MBR dimana biaya pemasangan
untuk penarikan Pipa baru (1/2 Dim) tidak lebih dari 10meter dengan
tarif murah yaitu Rp500.000,00 sedangkan tarif reguler adalah
Rp.998.000,00.
Adapun syarat untuk pemasangan jaringan PDAM baru sebagai berikut:
- Fotokopi KTP dan Kartu Keluarga
- Materai Rp6.000
- Peta lokasi
- Fotokopi bukti pembayaran PDAM tetangga terdekat
- Fotokopi bukti pembayaran listrik terakhir
- Surat Rekomendasi Kelurahan setempat (opsional)
- Fotokopi Sertifikat dan IMB (opsional)
Syarat lainnya adalah sebagai berikut:
- Panjang pemasangan pipa untuk jaringan baru (jarak jaringan baru dengan pipa jaringan lama) tidak boleh lebih dari 10m.
- Pemohon harus bersedia untuk menunjukan lokasi pemasangan dan menjamin pemasangan jaringan berjalan dengan lancar
Pelayanan PDAM Kota
Malang untuk proses pemasangan jaringan baru PDAM sangat mudah dan
cepat. Syarat Administrasi diberikan ke loket / customer service pada
bagian layanan pemasangan jaringan PDAM dan selanjutnya petugas bagian
tersebut akan mengecek lokasi dengan posisi jaringan terdekat melalui
komputer. Apabila lokasinya sesuai dengan syarat yang ditentukan maka
anda akan mengisi formulir permohonan pengajuan pemasangan jaringan PDAM
yang baru kemudian membayar biaya yang diperlukan pada loket
pembayaran. Bukti pembayaran tersebut selanjutnya anda sampaikan ke
petugas loket/customer service untuk pelayanan pasang baru dan anda
tinggal menunggu proses pemasangan (+/- 2 Hari).
Pada saat pemasangan sangat dianjurkan
untuk tepat waktu dalam menunjukan lokasi karena petugas PDAM harus
melayani beberapa permintaan pemasangan baru di beberapa lokasi. Anda
juga harus memastikan bahwa proses pembongkaran jalan (apabila pipa
berada dibawah jalan) sudah anda mintakan ijin ke warga setempat. Anda
harus menunjukan lokasi pemasangan meteran. Setelah pemasangan meteran
selesai anda akan memperoleh nomor pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar